Newsticker
recent

STAN Billiard Tournament 2010


 Stan Billiard Tournament 2010 telah sukses diselenggarakan pada tanggal 12 - 13 Juni 2010 kemarin di Red Ball Billiard Training Centre, Bintaro Trade Center Sektor VII. Seperti telah diketahui, turnamen ini memperebutkan hadiah total 400.000, dan trophy bergengsi.

Turnamen kali ini menggunakan sistem double elimination, dengan total peserta sebanyak 23 orang. Sepinya jumlah peserta ini disinyalir karena pelaksanaan turnamen yang bebarengan dengan masa libur mahasiswa D3 Khusus dan D4, serta masa pasca-UTS mahasiswa D3, yang selalu identik dengan pulang kampung. Meski begitu, hal ini tidak mengurangi gereget dan gengsi turnamen tahunan Stabil ini. Pertandingan pertandingan seru dan kejutan tetap tersaji mewah.

Kejutan sudah terjadi sejak hari pertama, ketika Rachmad Catur Hariady, ketua Stabil, dan juga peraih medali perak olimpiade PTK 2010 lalu, disingkirkan oleh Baihaqi di babak pertama. Hal ini membuat catur harus terlempar ke Looser Play-Off. Sedangkan unggulan lain relatif mulus melaju ke babak kedua.

Di babak kedua para unggulan mulai bertumbangan. Farhan, dilibas oleh Andhika "Bapet" 3 frame tanpa balas. Sedangkan Akhiril, yang baru saja mencatatkan prestasi gemilang menjuarai Turnamen di Afterhour, secara mengejutkan tersingkir di tangan Robert, seorang pendatang baru, juga dengan skor telak 3-0. Nasib serupa juga dialami Irwan "Ucup" Kristianto, yang harus menyerah di tangan Bobby.

Looser Play-Off sangat menentukan, karena kalah berarti tersingkir. Hampir semua uggulan berhasil lolos, kecuali Akhiril, yang secara tragis kalah tipis 2-3 dari Garry. Ya, pemain yang digadang-gadang akan menjadi salah satu kandidat juara ini malah harus angkat case lebih awal dari Red Ball.

Hari kedua, 16 Besar, dibuka dengan partai panas antara Rezaputra melawan Irwan. Sangat disayangkan mereka bertemu sedini ini. Dan sekali lagi, Reza tidak jua bisa menghilangkan "kutukan" lawan Irwan. Skor 3-0 untuk Irwan. Menurut catatan, sejak Stabil Tournament 2007 sampai sekarang, dimana telah tergelar 5 kali turnamen Stabil, keduanya telah bertemu 3 kali, dan semuanya berhasil dimenangi Irwan. Selain itu, lagi-lagi Garry melanjutkan kejutan, dengan menyingkirkan Andhika "Bapet", anggota tim Pajak peraih emas Porma, 3-0 tanpa balas. Selain itu, juga peraih emas Porma lain, baihaqi, yang mengalahkan Catur di babak pertama, malah kandas di tangan Pandu, juga dengan skor telak. Catur juga hampir saja tumbang, sempat tertinggal 2-1 dari Bobby, tapi level permainan yang dia miliki membuatnya bisa membalikkan kedudukan 3-2.

Babak Perempatfinal, tersaji banyak partai seru. Made melawan Sinar ibarat perang saudara, dimana mereka berdua adalah poros kekuatan Pajak ketika meraih emas Porma lalu. Tapi di atas meja, tidak ada istilah teman, semua adalah lawan. Made berhasil membungkam Sinar 3-0.

Partai seru tersaji antara catur melawan Farhan, dimana terjadi kejar mengejar angka, sebelum akhirnya Catur menutup pertandingan 3-2. Pandu juga sukses melanjutkan langkahnya dengan mengalahkan Faris 3-2. kejutan terbesar terjadi di pertandingan terakhir semifinal, ketika Irwan kalah dari Garry 3-2. Luar biasa. garry berhasil menjungkalkan 2 unggulan sekaligus untuk melaju ke semifinal.


Di Semifinal, catur dengan sangat meyakinkan menghajar Garry 5-0 lewat penampilan yang sangat bagus. Sedangkan di partai satunya, Pandu memberi perlawanan ketat kepada Made. Silih berganti mendapat angka, akhirnya Made berhasil memenangi pertndingan dengan skor tipis, 5-4.

Perebutan Juara 3 berhasil dimenangi oleh Pandu. Meski begitu, garry bisa disebut sebagai pemain paling mengejutkan pada turnamen kali ini. Bukan hanya karena sampai Semifinal, tapi juga karena di perjalanannya Garry berhasil menyingkirkan Akhiril dan Irwan.

Final yang ditunggu, sebuah final ideal antara Made melawan Catur. Pertandingan seru tersaji sejak Frame pertama. Tapi sayang Catur tercatat beberapa kali melakukan kesalahan fatal. Sampai puncaknya, dalam kedudukan 4-3, catur mendapat kesempatan menembak 9, tapi karena terlalu bernafsu, dia menembak terlalu kencang, sehingga bola putihnya masuk ke lubang. Free Ball diselesaikan Made dengan mudah, dan akhirnya The Wonder Boy bertahta sebagai Juara baru Stabil...

Made (tengah) diapit oleh Sinar dan Catur (Wakil Ketua dan Ketua Stabil)

Hasil Lengkap Pertandingan :

First Round :
Farhan "Cimol" bye
Andhika "Bapet" bye
Reza 3-1 Rahmat
Gayuh bye
Irwan 3-2 Fery
Bobby bye
Akhiril 3-0 Argan (W.O)
Robert bye
Andre bye
Uqie 0-3 Kisnu
Catur 1-3 Baihaqi
Arief "Momo" bye
Made 3-2 Ririk
Pandu bye
Sinar 3-2 Garry
Faris bye

Second Round :
Farhan 0-3 Andhika
Reza 3-0 Gayuh
Irwan 2-3 Bobby
Akhiril 0-3 Robert
Andre 1-3 Kisnu
Baihaqi 3-2 Momo
Made 3-1 Pandu
Sinar 3-1 Faris

Looser Play-Off:
Andre bye
Rahmat 0-3 Arief "momo"
Fery 2-3 Pandu
Faris bye
Uqie 1-3 Farhan
Catur 3-0 Gayuh
Ririk 1-3 Irwan
Garry 3-2 Akhiril

Last 16
Andhika 0-3 Garry
Reza 0-3 Irwan
Bobby 2-3 Catur
Robert 1-3 Farhan
Kisnu 1-3 Faris
Baihaqi 0-3 Pandu
Made 3-1 Arief "Momo"
Sinar 3-1 Andre

Quarter Final
Garry 3-2 Irwan
Catur 3-2 Farhan
Faris 2-3 Pandu
Made 3-0 Sinar

Semifinal
Garry 0-5 Catur
Pandu 4-5 Made

3rd Place
Pandu 5-? Garry (dimenangkan oleh Pandu)

Final
Catur 3-5 Made

Selamat untuk para Juara...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.