Newsticker
recent

Friendly Match: STAN vs STIS


 Dalam rangka persiapan jangka panjang menghadapi Olimpiade PTK 2015, dan untuk menjalin hubungan baik dan silaturahim antara 2 PTK, pada hari Sabtu, 24 Januari 2015 kemarin, diselerenggarakan pertandingan uji coba multi cabang antara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dengan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).

Rangkaian pertandingan ujicoba yang digelar di Kampus STAN Bintaro dan lingkungan sekitarnya ini, mempertandingkan 9 cabang olahraga: Tenis, Futsal, Catur, Tenis Meja, Voli, Atletik, Basket, Badminton, dan tentu saja, Billiard.

Pertandingan billiard sendiri dipertandingkan di Red Ball BTC Sektor VII, dengan sistem beregu 5 pertandingan: 3 pertandingan 9-ball single race to 5, dan 2 pertandingan 8-ball double race to 4. Pertandingan dimulai pada pukul 13.00 waktu setempat.

Dari kiri ke kanan: Reza, Syarief (wasit), dan Arfan
First to step up, dari STAN adalah Rezaputra Chandra Novianto, dedengkot veteran Stabil yang juga mantan Chairman, yang tengah menjalani study Diploma IV. Dari STIS ada Arfan Fahmi Rumbara, yang masih tingkat satu.

Pertandingan berjalan timpang. Reza yang sudah kenyang pengalaman malang-melintang di dunia billiard amatir, tanpa banyak kesulitan merenggut frame demi frame. Tanpa perlawanan berarti, Reza menyudahi pertandingan 5-0 tanpa balas. What a start from STAN..!!

Dari Kiri ke Kanan: Tri, Yudha (wasit) dan Dauri
Next, step up Dauri "Cokil" Fachrurrozi, mahasiswa Diploma 1 Pajak asal Bogor, melawan wakil dari STIS Tri Sutrino Manggombo.

Pertandingan berjalan alot, terjadi kejar mengejar angka di 4 frame awal, keduanya saling bertukar pukulan dan keadaan 2-2. Tapi dengan ketenangannya, Dauri berhasil tampil steady di frame tersisa, dan akhirnya memaksa Tri mengaku kalah. 5-3 untuk Dauri, 2-0 untuk STAN.

Dari Kiri ke Kanan: Abdul, Balyan, Gilang (wasit), Fauzi, dan Vivi
Pertandingan ketiga, bola 8 double. Fauzi Syahputra, tingkat 1 D3 Akuntansi, berpasangan dengan satu-satunya wanita pada pertandingan siang ini, Nurul Afifah "vivi" Febrifilia. Di sudut lain, berpasangan M.Abdul Muhsi dan M.Balyan Wanda dari STIS.

Bagi Fauzi dan Vivi, ini adalah pertama kalinya mereka bertanding mewakili STAN pada pertandingan keluar, meski hanya bertajuk uji coba. Keduanya tampak nervous, dan kurang maksimal. Setelah sempat memberi perlawanan di awal-awal, keduanya akhirnya dipaksa menyerah 1-4.  Skor masih 2-1 untuk STAN.

Dari Kiri ke Kanan:Langgeng, Faiq (wasit), dan Koko
Pertandingan keempat, Langgeng Sukma Herwanda, asal Palembang, juga tingkat 1 akuntansi, melawan Koko Kevin Haryono Damanik, salah satu pemain senior di STIS.

Sama seperti fauzi-vivi, Langgeng tampak nervous, dan tidak bisa mengeluarkan permainan terbaiknya. Sebaliknya, Koko memperlihatkan kematangan yang prima, menyudahi pertandingan tanpa balas dari Langgeng. Skor 0-5 untuk kemenangan Koko dari STIS.

STAN 2, STIS 2.. All to play for in the last game..!!

Dari Kiri ke Kanan:Sondy, Wilvan, Syarief (wasit), Randy, dan Ar-Razy
Randy Aulia Akbar berpasangan dengan Sondy Akbar (bukan kok.. mereka bukan kakak-adik, kebetulan aja nama belakang mereka sama..) melawan Wilvan Ardi Yunanto dan Ar-Razy Ridha Maulana dari STIS.

Semua perhatian tertuju pada pertandingan ini. Kejar mengejar angka terjadi. STIS terlebih dulu hill, 3-2. Tapi Randy-Sondy berhasil menyamakan kedudukan 3-3..!! Final frame.. Setelah sekelumit pattern play yang rumit, Sondy berhasil memasukkan bola terakhir, dan berkesempatan hit the eight. Posisi bola tidak terlalu sulit, hampir lurus mengarah ke corner pocket di head string. Tapi sayang, karena beban maha berat di pundak, Sondy missed. STIS, selanjutnya berhasil memainkan safety yang baik, yang memaksa Randy untuk missed hit, FOUL.. dan free ball untuk STIS, yang masih punya satu bola.

Malang untuk STAN, Wilvan-ArRazy berhasil memasukkan bola, dan dengan tenang mengeksekui bola 8, untuk menutup pertandingan dengan 4-3, dan memastikan kemenangan untuk STIS.

Skor Akhir.. STAN 2 - 3 STIS.

Hasil lengkap pertandingan sebagai berikut:


Meskipun kalah, patut diingat, bahwa pertandingan ini masih uji coba. Justru, ini akan menjadi bahan evaluasi yang sangat berharga, untuk lebih baik ke depan. Apalagi, kecuali Reza (yang umurnya sudah seperempat abad lebih), untuk semua pemain "muda" STAN, pertandingan ini adalah pertama kalinya mereka mewakili almamater tercinta pada pertandingan melawan tim lain. Mental bertanding dan Decision Making masih menjadi kendala, apalagi pada saat krusial, dimana kesalahan sama sekali tidak ditolerir.

Berikut beberapa snapshot dari jalannya pertandingan:

Kiri: Sondy hit the eight with the bridge;
Kanan atas: STIS team in action; Kanan bawah: Full Focus Dauri

Kiri: Don't mess with Rez
Kanan atas: Koko's perfection; Kanan bawah: Langgeng surely won't miss this one

 Semoga pengalaman ini menjadi pelajaran berharga untuk kita semua, untuk dapat lebih baik ke depan.

Terima kasih STIS..!!
Untuk kunjungannya..
Untuk pertandingan yang seru..
dan untuk segala keramahan...

We'll see you later...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.