Newsticker
recent

PON STAN 2012 : Billiard


Untuk pertama kalinya dalam sejarah, cabor billiard dipertandingkan di PON STAN 2012. PON (Pekan Olahraga Nasional) STAN adalah event olahraga multicabang antar organda (organisasi daerah) di STAN yang dihelat setiap 2 tahun sekali.

Semakin diakuinya cabor billiard di STAN, tidak terlepas dari eksistensi Stabil, yang sejak berdiri tahun 2007, terus menyumbang prestasi untuk almamater tercinta. Capaian mentereng di Olimpiade PTK, Event olahraga paling bergengsi antar Perguruan Tinggi Kedinasan, menjadi salah satu bukti sahih. Medali Emas di 2009, perak di 2010, dan emas di 2011 adalah torehan gemilang yang menjadikan billiard sebagai salah satu ujung tombak STAN dalam mengukir prestasi di bidang olahraga.

Cabang Billiard di PON STAN 2012 diikuti oleh 15 orang, yang mewakili 10 organda. Dimana Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Sumatera Utara mengirim lebih dari 1 pemain.
Pertandingan digelar di Red Ball Billiard Training Centre, Bintaro Trade Centre Sektor VII pada tanggal 14-15 Januari 2012.

Bali, yang diwakili Made Pramana Putra (Juara Stabil Tournament 2010, Emas Porma 2010 dan 2011), menjadi favorit terdepan. Diikuti Jateng, yang meski telah kehilangan 2 pilar utamanya, Sinar dan Catur (peraih perak Olimpiade PTK 2010 dan emas Olimpiade PTK 2011), tetap menyimpan potensi besar pada 2 bersaudara, Aldo (Juara 4 Stabil Tournament 2011) dan Ian (runner-up Stabil Tournament 2011). Juga jangan lupakan Sumatera Utara yang punya Robert (Juara 3 Stabil Tournament 2011), dan Jawa Barat, yang diperkuat Yuga, Juara Stabil Tournament 2011.

Berikut report lengkap jalannya pertandingan :

Babak 1
1. Jawa Tengah C 3-1 Kalimantan
2. Jawa Timur A 0-3 Jawa Tengah A (W.O)
3. Sumatera Utara A 3-2 Jogja
4. Jawa Timur B 1-3 Jawa Barat A
5. Lampung 3-1 Jawa Barat B
6. Sulawesi 3-1 Sumatera Utara B
7. Jawa Tengah B 0-3 Jakarta
8. Bali - bye

kejutan besar terjadi ketika Ian (Jateng B) yang digadang-gadang akan berbicara banyak di PON kali ini, malah dibungkam sangat dini oleh Jakarta. Nasib tragis serupa dialami Robert (Sumut B), yang harus tertunduk malu setelah "diayami" Sulawesi 3-1. Unggulan unggulan lain relatif mulus melaju.


Quarter Final
1. Jawa Tengah C 1-3 Jawa Tengah A
2. Sumatera Utara A 3-2 Jawa Barat A
3. Lampung 3-2 Sulawesi
4. Jakarta 0-3 Bali

Duel sesama wakil Jateng tersaji di perempat final, yang berhasil dimenangi Aldo, yang unggul pengalaman, disebabkan "kelebihan" Aldo di sektor Umur, dibanding lawannya. Kejutan muncul ketika Juara Stabil Tournament 2011, Yuga Kelana (Jabar A) ternyata gugur di tangan Randy (Sumut A). Sedangkan Made in Bali, unggulan teratas, tanpa ampun menghantam wakil Jakarta 3-0.


Semifinal
1. Jawa Tengah A 5-1 Sumatera Utara A
2. Lampung 0-5 Bali

Di Semifinal pertama, Aldo (Jateng A) tanpa terlalu kesulitan berhasil menyudahi perlawanan dari Randy (Sumut A) 5-1. Sedangkan di semifinal lain, sekali lagi Made in Bali menunjukkan keganasannya dengan menggagahi Roby (Lampung) 5 frame tanpa balas.


3rd Place
Sumatera Utara A 5-3 Lampung

Di perebutan tempat ketiga, yang mempertemukan 2 pemain "kejutan", karena sebelumnya tidak diduga bakal melaju sejauh ini, Tersaji pertandingan yang ketat dimana terjadi kejar mengejar angka. Sampai pada akhirnya, Randy (Sumut A) berhasil menyudahi perlawanan Roby (Lampung) 5-3, dan berhak menggondol medali perunggu.


Final
Jawa Tengah A 1-5 Bali

Final yang ideal, mempertemukan 2 kekuatan baru di Stabil, sepeninggal muka-muka lama yang telah purna kuliah. Dan untuk kesekian kalinya, Made in Bali mengamuk. Aldo tak mampu berbuat banyak selain duduk lemes di kursi sembari berdoa, menyaksikan Made in Bali memasukkan bola demi bola, melakukan possesion menawan, dan mengakhiri 2 frame awal dengan manis. Setitik harapan mulai nampak ketika Aldo bisa meraih angka pertama dan membuat kedudukan menjadi 2-1, yang membuat Aldo menjadi orang pertama yang mampu mencuri angka dari Made in Bali pada PON STAN 2012. Tapi harapan tinggalah harapan. bukannya menyamakan angka, Aldo malah kembali harus mengakui keunggulan skill Made in Bali yang sukses menyapu bersih 3 frame selanjutnya. Pertandingan diakhiri dengan kemenangan telak 5-1 untuk Made in Bali.

3 Besar
Dari Kiri ke Kanan : Aldo (Jateng A), Made in Bali, Randy (Sumut A)

Selamat kepada para pemenang, atas raihan prestasinya di gelaran perdana PON STAN cabang olahraga Billiard kali ini.
Terus berlatih dan bertanding demi kemajuan Almamater dan Bangsa kita...!!!

4 Besar, dari Kiri ke Kanan :
Randy (Sumut A), Roby (Lampung), Made in Bali, Aldo (Jateng A)


Dengan gelar ini, sah kiranya Made dinobatkan sebagai legenda Stabil. Pria satu ini menjadi satu-satunya orang yang mampu meraih semua gelar domestik di STAN pada cabang olahraga Billiard. Made menjuarai Stabil Tournament 2010, merengkuh Emas PORMA STAN 2010 dan 2011 bersama Pajak, dan mengantar Bali meraih Emas PON STAN 2012. Belum ada orang lain yang menorehkan prestasi serupa, karena Billiard baru dipertandingkan di PON untuk tahun ini.
Hanya kurang satu gelar yang belum dicicipi oleh Made sebagai seorang mahasiswa STAN, yaitu Emas Olimpiade PTK. Tahun ini adalah gilirannya untuk maju, mampukah dia melakukannya..??

Mari kita nantikan bersama...
Just Fun and Good Games..
Diberdayakan oleh Blogger.