Newsticker
recent

Olimpiade PTK 2011: Emas untuk STAN..!!


Setelah berhasil meraih medali emas Billiard pada Olimpiade PTK 2009 lalu, yang kemudian lepas tahun lalu di STIP 2010, dengan hanya meraih medali perak karena kalah di Final dari tuan rumah STIP, STAN yang diwakili oleh Catur dan Sinar berhasil merebut kembali medali emas Billiard Olimpiade PTK setelah keluar sebagai yang terbaik di nomor bola 8 pada Olimpiade PTK 2011 kemarin.

Olimpiade PTK 2011 sendiri diselenggarakan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Bandung, pada tanggal 21-22 Mei kemarin. Olimpiade PTK, seperti telah diketahui, adalah ajang pertandingan olahraga antar PTK yang diselenggarakan tiap tahun.

Untuk penyelenggaraan tahun ini diikuti oleh 13 PTK yaitu : IPDN, STIP, STAN, STSN, AKIP, STTD, AMG, STKS, STP, STPN, STTN, STIA LAN, dan ATK.


Untuk Olimpiade PTK 2011 ini, Tim Billiard STAN diperkuat oleh Robert Maurit (Anggaran 2009), yang juga merupakan Ketua Stabil, di nomor Bola 9 single. Sedangkan di Nomor Bola 8-double, komposisi tetap sama seperti tahun lalu di STIP, Rachmad Catur Hariady (Akuntansi 2008) dan Sinar Hendrawan (Pajak 2008).

Squad ini didampingi oleh Kisnu Pusnawan sebagai Manajer tim. Ikut serta juga dalam rombongan Andhika "Bapet" Novianto sebagai tukang pijat tim, dan Randy Darmawan sebagai fotografer.

Pertandingan Billiard dilaksanakan di Gedung Olahraga IPDN, dengan fasilitas 2 meja dengan kualitas yang baik, dan laken yang baru. Berikut report dari jalannya pertandingan :

Di Nomor 9-Ball, berasa dejavu kejadian tahun lalu, Robert langsung tersingkir di pertandingan pertama. Medali emas Bola-9 sendiri akhirnya diraih oleh orang yang sama seperti tahun lalu di STIP. Seorang praja IPDN, Andi Muhammad Refa, yang ternyata merupakan atlet PORDA Billiard Sulawesi Selatan.

Sinar-Catur berdiskusi strategi
Di Nomor bola 8, pada babak pertama, Catur-Sinar bersua STSN. Tanpa hambatan berarti, pasangan yang memang sudah padu ini mencukur habis pasangan dari STSN 5-0. Kemudian di perempat final, mereka mendapat hadangan dari AKIP. Dengan permainan taktis , keduanya berhasil melaju mulus dan membukukan kemenangan cukup telak 5-1.

Sinar Bersinar Terang

Di Semifinal, giliran STPN yang harus merasakan kedasyatan pasangan maut dari kota lumpia ini. Meski cukup kesulitan di awal awal pertandingan, dan kehilangan angka, berbekal skill yang mereka miliki, akhirnya mereka berhasil lepas landas dan menghempaskan STPN 7-2. Kembali menuju Final 3 tahun berturut-turut..!!

Rachmad "Erte" Catur

Final.. berhadapan dengan AMG. disaksikan ratusan pasang mata, tersaji pertandingan yang sangat mendebarkan. Kejar-mengejar angka terus terjadi sejak frame pertama. Pasangan dari kedua PTK silih berganti menyuguhkan permainan istimewa. Ketangguhan mental juara benar benar diuji dalam situasi seperti ini. Sampai pada skor 5-5, situasi semakin medebarkan. STAN berhasil menang pada frame ke-11 dan unggul 6-5, hanya untuk disamakan menjadi 6-6..!!


Frame ke-13.. benar-benar klimaks..!! The Final Frame..!! Medali emas dipertaruhkan di Frame terakhir ini. AMG tampak akan meraih medali emas setelah meraka berhasil memasukkan banyak bola. Sampai pada suatu saat, AMG tinggal menyisakan 1 bola, sedangkan STAN masih 4 bola. Suatu kesalahan menyebabkan cue ball AMG scratch (masuk lubang). Ball in hand untuk Catur-Sinar. Dan dengan kecerdikan mereka, situasi ini dimanfaatkan untuk bermain safety ball. AMG yang cuma punya 1 bola untuk legal hit, akhirnya miss, foul 2x untuk AMG. Dan akhirnya, sekali lagi ball in hand kembali dimanfaatkan untuk safety, dan seperti yang duharapkan, AMG miss lagi. FOUL 3 kali...!!!

STAN 7 - AMG 6.. JUARA.. Medali Emas...!!!!

Foto Bersama Squad IPDN

Pada klasemen umum, Tuan Rumah IPDN kembali berhasil keluar sebagai Juara Umum, untuk kali ke-3 berturut-turut. Luar biasa memang..!!

Dan dengan 5 emas, STAN berhasil nongkrong di posisi kedua, mengulang kesuksesan tahun 2009, dan memperbaiki raihan tahun lalu dimana STAN hanya mampu finish di urutan ke-3 di bawah IPDN dan tuan rumah kala itu, STIP.

Semoga kemeriahan dan kekompakan antar PTK yang dipupuk di Olimpiade PTK bisa terus terjalin dengan baik.

Sampai jumpa di Olimpiade PTK 2012...!!
Diberdayakan oleh Blogger.