Newsticker
recent

Olimpiade PTK 2010: Silver Way

Olimpiade PTK 2010 telah selesai dilaksanakan pada tanggal 27-28 Maret 2010 kemaren di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Marunda, Jakarta Utara. Olimpiade PTK kemaren diikuti oleh 13 Perguruan Tinggi Kedinasan dari seluruh Indonesia, yaitu :
STSN, STPN, STIP, STIS, IPDN, STEM, STTD, AKIP, STPI, AMG, AIM, STKS dan tentu saja STAN.

Seperti telah diketahui, untuk cabang olahraga billiard, mempertandingkan 2 nomor, yaitu 9-ball single dan 8-ball double. Pertandingan sendiri dilaksanakan di Recreational Hall STIP, yang dilengkapi fasilitas 2 meja billiard yang kualitasnya bisa dibilang-maaf-tidak terlalu baik. Kondisi meja sebenarnya bagus, tapi cloth meja kondisinya memprihatinkan.



Tim STAN terdiri dari Rezaputra Chandra Novianto (penilai), Rachmad Catur Hariady (Akuntansi), dan Sinar Denmas Hendrawan (Pajak), yang ditemani oleh Kisnu Pusnawan selaku manajer.

Reza dan Manajer Kisnu

Kisnu (tengah) bersama Catur dan Sinar

Berikut report dari jalannya pertandingan :

9-BALL SINGLE


Di pertandingan pertama, 16 besar, STAN, yang diwakili oleh Reza, bertemu STTD. Reza mengawali pertandingan dengan baik, dan unggul cepat 2-0. Untuk kemudian diperkecil menjadi 2-1, tapi unggul lagi 3-1. Merasa diatas angin, reza bermain terlalu santai dan ada kesan meremehkan lawan, sehingga lawan manyamakan kedudukan 3-3. Pertandingan berjalan alot, tapi STAN berhasil unggul 4-3, hanya untuk kemudian kembali disamakan menjadi 4-4. Sayangnya, sedikit "terpeleset" di frame terakhir, akhirnya STAN kalah dengan skor 5-4.

Medali emas bola 9 sendiri berhasil direbut oleh IPDN, yang diwakili oleh Andi Muhammad Refa, seorang pemain yang masih tingkat 1. sangat impresif. di antaranya dia berhasil melakukan runout di meja aneh seperti ini pada partai final. Di Semifinal pun dia berhasil menundukkan wakil tuan rumah STIP. Refa menjadi juara setelah di Final menyudahi perlawanan dari AIM dengan skor cukup telak, 7-3.


8-BALL DOUBLE

STAN yang diwakili oleh pasangan Ketua-Wakil Ketua Stabil, Catur dan Sinar, mendapat bye pada pertandingan pertama, sehingga langsung lolos ke 8-Besar.

Di Perempat Final, Mereka bertemu STKS, yang kualitas permainannya bisa dibilang cukup baik. Pertandingan berjalan ketat. Tapi, dengan permainan konsisten dari Sinar dan Catur, STAN berhasil menang dengan skor 5-3.



Kemudian di babak Semifinal, keduanya ditantang oleh wakil dari STTD. Lagi-lagi duet emas ini berhasil mendominasi jalannya pertandingan, dan berhasil membalaskan dendam STAN di bola 9, dan menyudahi perlawanan STTD dengan skor 5-2.
Di Babak semifinal satunya, yang mempertemukan tuan rumah STIP dan IPDN, sempat terjadi sedikit kericuhan, yang hampir saja berakhir dengan perkelahian massal kalau tidak dipisah oleh para pembina dari kedua tim. Kericuhan ini dipicu dari beda pengertian tentang peraturan yang berlaku. Pada akhirnya, keributan bisa diredakan, dan STIP berhasil lolos ke Final.

Final.. berjumpa dengan tuan rumah STIP. Pertandingan berjalan sangat ketat. Kedua pemain STIP memiliki kualitas yang bagus, dengan masih ditambah keuntungan mereka hafal karakter meja. Kedua tim saling susul menyusul angka. STIP unggul cepat 2-0 di 2 frame awal, tapi berhasil disamakan mejadi 2-2 oleh STAN.
Kejar mengejar angka terus terjadi sampai skor 4-4. Tapi, di frame-frame akhir, kedua pemain STAN sedikit mengendur. Hal ini berhasil dimanfaatkan oleh STIP dengan baik. Mereka berhasil menyapu bersih 3 frame itu, dan menyudahi perlawanan STAN 7-4.

Sayang sekali, medali emas billiard yang tahun lalu berhasil diraih oleh STAN, lepas tahun ini. STAN harus puas hanya dengan satu medali perak dari cabang billiard.

-----------------

Terlepas dari kenyataan ini, Olimpiade PTK 2010 di STIP ini membawa banyak pengalaman dan kenangan yang berharga. Suasana yang sangat meriah, dapat berinteraksi dengan teman-teman dari PTK lain, adalah kemenangan sesungguhnya, dan esensi dari pelaksaan Olimpiade PTK 2010 itu sendiri.

Secara overall, STAN menduduki posisi 3 klasemen umum perolehan medali, dengan 3 Emas, 4 Perak, dan 3 Perunggu. (kalo gak salah, lupa-lupa inget). Medali emas berhasil disumbangkan oleh cabang Renang , Catur dan Tenis. Sedangkan medali Perak, selain dari Billiard, diperoleh dari cabang Voli Putra, Badminton putra, dan Tenis Meja Putra.

Posisi 2 klasemen umum berhasil diraih oleh Tuan rumah STIP, sedangkan gelar Juara Umum berhasil dipertahankan oleh Juara Bertahan IPDN yang meraup total 14 emas.
Diberdayakan oleh Blogger.